IMG_3686Himpunan Mahasiswa Agronomi Institut Pertanian Bogor (HIMAGRON IPB) kembali melaksanakan gathering Pembinaan Himagron (PH) pada hari Minggu (22/5). Gathering kedua ini dilaksanakan di RK Pinus 2. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisi Kemahasiswaan Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Candra Budiman SP, M.Si dan narasumber dari PKM Center IPB, Agesty Ika Nurlita, S.Si. Tak kurang dari 130 mahasiswa AGH IPB angkatan 52 turut meramaikan kegiatan tersebut.

IMG_3707

Kegiatan gathering 2 PH diawali dengan kelas PKM. Pada acara ini, mahasiswa AGH 52 mendapatkan informasi terkait bidang-bidang PKM seperti PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Karya Cipta (PKM-KC), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

IMG_3737Selain itu, peserta juga mendapatkan motivasi dari mahasiswa yang telah mengikuti PKM, Abil Dermail (AGH 49) dan Erison Caesar (AGH 50). Acara kelas PKM ini bertujuan untuk mengenalkan dan memotivasi mahasiswa AGH 52 untuk ikut serta dalam kegiatan PKM. Dengan demikian, peran aktif mahasiswa AGH khususnya angkatan 52 dalam kegiatan PKM meningkat dari tahun sebelumnya. Melalui kegiatan kelas PKM ini, diharapkan departemen AGH dapat meningkatkan prestasinya dengan menyumbang proposal PKM terbanyak se-IPB dan lolos seleksi untuk didanai Dikti hingga terpilih untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada tahun yang akan datang.

IMG_3864Acara dilanjutkan dengan games yang dilaksanakan di sepanjang jalan gladiator hingga koin IPB. Peserta dibagi menjadi 15 kelompok yang beranggotakan 10-11 orang mahasiswa AGH 52 dan AGH 51 sebagai penanggung jawab kelompok (PJK). Setiap kelompok mengikuti empat jenis permainan, yaitu gobak sodor,  ulat bulu, bakiak, dan estafet. Dalam setiap permainan, peserta dituntut untuk melakukan kerja sama tim yang baik supaya dapat mengalahkan tim lawan. Beberapa peserta mengalami cedera saat bermain, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti rangkaian acara gathering 2 PH selanjutnya.

IMG_4023Setelah games selesai, peserta kembali ke koridor gedung kuliah A (GKA) untuk melakukan sholat dan makan siang. Kegiatan gathering 2 PH dilanjutkan dengan permainan di Leuwikopo, kebun percobaan Departemen AGH. Dalam permainan ini, mahasiswa AGH 52 diminta untuk menyusun menara dari kardus yang telah disembunyikan oleh panitia di beberapa tempat. Kekompakan angkatan diuji dalam permainan ini. Bukan hal yang mudah untuk menyusun menara tersebut karena panitia berusaha menghancurkan menara dengan melempar plastik berisi air ke arah berdirinya menara. Peserta pun tak ingin kalah. Mereka menyusun pertahanan untuk melindungi menara dan melempar balik plastik berisi air kepada panitia. Basah, lelah, tapi semua senang. Senyum dan tawa menghiasi langit Leuwikopo sore itu.

IMG_4088Kegiatan gathering 2 PH ditutup dengan pemilihan penanggung jawab semntara (PJS) AGH 52 dan penjelasan tugas oleh panitia. Setelah melalui musyawarah, terpilihlah Fahmi Muhammad Cokrosudibyo (Choki) sebagai PJS AGH 52. Selamat kepada Choki! Semoga dapat memimpin teman-teman AGH 52 selama rangkaian kegiatan Pembinaan Himagron.

AGH! Feed the world!

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation