IMG_20160527_190211
Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki “rambut” di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi “daging”. Bagian buah yang dimakan, “daging buah”, sebenarnya adalahsalut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas (“rambutan ace”/ngelotok). Buah masak pada bulan Desember hingga Maret, dikenal sebagai “musim rambutan”. Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.

Buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat sehingga dapat menjadi buah pemberi sumber energi. Buah rambutan memiliki kandungan protein sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menajdi sel-sel yang baru. Buah rambutan memiliki kandungan serat pangan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar. Kandungan vitamin A sebagai vitamin larut air ada dalam buah rambutan sehingga dapat menyehatkan mata. Kandungan vitamin C sebagai vitamin larut air yang akan memberikan antioksidan bagi tubuh. Kekayaan sumber mineral buah rambutan terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, magnesium.

Jangan lupa konsumsi buah lokal kita ya.
SALAM DIGDAYA BUNGA DAN BUAH NUSANTARA

Share/Bookmark

4 Thoughts on “JUMAT HARI BUAH NUSANTARA : RAMBUTAN

  1. Iqbal Muhammad Akbar on 27 May 2016 at 10:54 am said:

    RAMBUTAAAAAAN

  2. sekarang ada banyak varietas baru mengenai buah buahan, misalnya saja untuk rambutan ada yang namanya rambutan binjai. dan untuk durian, ada yang namanya musang king, ini dikembangkan dari malaisia.

  3. semua buah mempunyai manfaat yang bagus buat kesehatan, begitu juga dgn rambutan, wah baru tau kl tiap hari tertentu ada hari buah nusantara, thx infonya kang sangat bermanfaat sekali ….

  4. Selamat hari buah nusantara, jadi makin rame ini ya, sampai ada peringatan hari buah juga ya. Luar biasa, yuk bagi info bagaimana cara menghasilkan bibit buah yang berkualitas dan unggul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation