Hari, Tanggal              : Kamis, 17 Juli 2014

Waktu                         : pukul 16.00 WIB

Tempat                        : Sekretariat AGRISOCIO

Pembicara                   : Kak Alfi Irfan (pihak AGRISOCIO)

Peserta                        : Angga Nofa, Dyah Priandini (Himagron), Rina Agustina, Yusep (BEM FAPERTA)

Hasil                           :

Kak Alfi

  • AGRISOCIO merupakan organisasi bisnis berorientasi sosial dengan output peningkatan kapasitas diri anggota, pencapaian target tiap divisi serta pelaksanaan berbagai proyek seperti lomba dan pengembangan produk.
  • AGRISOCIO dibentuk pada Oktober 2013. Tahap pertama volunter yang telah dilaksanakan pada April-Juni 2014 dengan voluntir sebanyak 23 orang. AGRISOCIO bergerak dalam bidan sociopreneur, ecopreneur, edupreneur,technopreneur.
  • AGROSOCIO memiliki tekad untuk meningkatkan kualitas SDM dalam bidang pertanian, meminimalisir masalah di sektor pertanian serta mengurangi kesenjangan di masyarakat yang semakin terlihat.
  • Selama ini kegiatan bina desa banyak mengalami hambatan diantaranya biaya, target kegiatan yang kurang jelas, sulitnya sosialisasi dengan masyarakat.
  • AGRISOCIO melakukan pengabdian masyarakat dengan orientasi sosial bisnis. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan di dua desa lingkar kampus yaitu  Desa Cibanteng dan Desa Benteng. Hasil panen petani berupa jahe merah dan rempah-rempah diolah oleh istri petani dengan bantuan alat dari AGRISOCIO (kerja sama dengan SEAFAST), proses pengemasan hingga proses pemasaran.
  • Hasil panen yang telah diolah dijual dengan merek dagang INDOREMPAH. Hasil ini memberikan keuntungan lebih besar kepada petani daripada penjualan hasil panen langsung  ke tengkulak.
  • Produk lain yang telah diolah diataranya keripik daun singkong, cookies dan minuman indorempah.
  • AGRISOCIO akan bekerja sama dengan LPPM IPB untuk menciptakan “brand” pada 17 desa lingkar kampus. Oleh karena itu dibutuhkan SDM yang ahli dari bidang hulu ke hilir (budi daya hingga pemasaran).
  • Apabila ada program kerja HIMAGRON yang sekiranya seirama dengan visi misi AGRISOCIO diharapkan segera dibicarakan lebih lanjut ke Kak Alfi. Pihak AGRISOCIO sangat membutuhkan kemampuan dari mahasiswa FAPERTA terkhusus dalam teknik budi daya suatu komoditas.
  • Adapun dimohon bantuannya dari pihak Himagron untuk mempublikasikan adanya Voluntary Program yang dibuka pada hingga bulan September. Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di agrisocio.com

 

 

 

 

 

Share/Bookmark

One Thought on “Notulensi Pertemuan dengan AGRISOCIO

  1. sukses ya untuk kegiatan dan acara yang dilakukan oleh agrisocio, semoga bermanfaat untuk lingkungan, nice post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation