Kaliurang, Yogyakarta – Pertemuan Nasional ke 15 (Pernas XV) FKK Himagri resmi dibuka di Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta. Pada Pernas XV ini, Himagron IPB diwakili oleh Andi Azhari Putra (AGH 50), Aulia Rizqi Muhammad (AGH 50), Rahayu Ning Janati (AGH 50), Greta Elma Anggita (AGH 51) dan Harngono Padang (AGH 51). Jumlah peserta delegasi Pernas XV sebanyak 110 orang yang terdiri dari 39 Universitas.

1456240485358

Hari pertama (17/2/2016) acara dimulai dengan seminar nasional “Implementasi Sustainability dalam Membangun Daya Saing Global Kelapa Sawit Indonesia”. Acara dilanjutkan dengan ramah-tamah peserta dan panitia Pernas, mulai dari perkenalan panitia, peserta, Sekretaris Jendral dan Koordinator tiap wilayah.

14562399445461456240729953

Hari kedua (18/2/2016) Pernas XV dimulai dengan sidang pleno pendahuluan yaitu pembahasan agenda acara, tata tertib dan pemilihan-penetapan presidum sidang tetap. Hasil pemilihan menetapkan delegasi dari Universitas Tadulako, Instiper dan IPB sebagai presidium tetap sidang. Presidium dari IPB diwakili oleh Greta Elma Anggita (AGH 51). Setelah pemindahan palu sidang dari presidium sementara ke presidium tetap, Pernas XV dilanjutkan dengan agenda sidang pleno I yaitu Laporan dan Evaluasi Kerja Badan Legislatif (DPO) dan Badan Eksekutif FKK Himagri periode 2014-2016. Hari kedua ditutup dengan pembacaan dan penandatangan konsiderat oleh presidium tetap.

Pada hari ketiga (19/2/2016) Pernas dilanjutkan dengan sidang pleno II yaitu pembentukan sidang komisi dan pembahasan-pengesahan hasil sidang-sidang komisi. Komisi terbagi menjadi tiga, yaitu komisi A (Peninjauan AU/AK dan tata kerja ekstern-intern), komisi B (Peninjauan GBHK dan panduan kaderisasi) dan komisi C (kriteria dan tata cara pemilihan Badan Legislatif (DPO) dan Badan Eksekutif serta rekomendasi program kerja FKK Himagri). Sidang Pleno II terpaksa diskors karena belum terdapat mufakat sedangkan waktu telah melewati batas yang ditentukan.

(20/2/2016) sidang pleno II kembali dilanjutkan hingga diperoleh kesepakatan dan ditutup dengan pembacaan konsiderat oleh presidium tetap. Setelah sidang pleno II ditutup, dilanjutkan dengan agenda sidang pleno III yaitu penetapan anggota sementara menjadi anggota tetap FKK HIMAGRI, pemilihan badan kelengkapan organisasi (pemilihan dan penetapan badan legislatif (DPO) dan pemilihan dan penetapan badan eksekutif (BP)).

1456240241698

Pada pemilihan bakal calon Sekretaris Jendral terdapat tiga orang yang menyalonkan diri yaitu Aulia Rizqi Muhammad (IPB), Nazarius (Instiper) dan Nur Ilham (Universitas Hasanuddin). Hasil seleksi kriteria bakal calon menetapkan bahwa Nazarius gugur dalam seleksi karena beberapa kriteria tidak terpenuhi. Pemilihan calon dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang terbagi menjadi dua sesi, dimana tiap sesi terdiri dari lima pertanyaan. Penetapan sekretaris jendral dilakukan dengan cara pemungutan suara yang bersifat bebas dan rahasia. Nur Ilham (Unhas) memperoleh suara terbanyak dan ia ditetapkan sebagai sekretaris jendral FKK Himagri periode 2016/2018. Agenda dilanjutkan dengan penandatangan konsiderat, pembacaan berita acara, penyerahan jabatan secara simbolis, dan ditutup dengan pembacaan sumpah jabatan. Setelah disibukkan dengan agenda sidang selama tiga hari, peserta dan panitia mengadakan kegiatan malam keakraban Pernas XV yang diikuti hampir oleh seluruh peserta. Acara Pernas XV ditutup dengan kegiatan fieldtrip (21/02/2016).

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation