Siaran pers ini dapat kamu unduh di s.id/PersGath2pdf

Gathering 2 Pembinaan Himagron 2017 dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2017 berlokasi di Kebun Percobaan Cikabayan Atas. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengakrabkan antara AGH 53 serta antar peserta dan panitia. Kegiatan diawali dengan pengecekan SOP dan pengondisian pada Pukul 13.00 WIB berlokasi di Lapangan Voli C4. Kegiatan dilakukan oleh Komisi Disiplin (Komdis). Seluruh peserta menaati arahan dari Komdis. Setelah pengecekan SOP, Komdis mengarahkan peserta untuk mengondisikan diri untuk mobilisasi menuju Kebun Percobaan Cikabayan Atas. Mobilisasi dipimpin oleh Komdis dengan bantuan Penanggung Jawab Kelompok (PJK) dan Medis.

1496104523846

Setelah peserta tiba di Kebun Percobaan Cikabayan Atas, peserta dikondisikan oleh Komdis untuk Makan Siang Bersama. Seluruh peserta makan siang dengan makanan yang telah disiapkan oleh Panitia Konsumsi. Pada Pukul 14.10 WIB, acara dilanjutkan dengan Pembukaan oleh M. Reza Zakie selaku MC acara Gathering 2 Pembinaan Himagron 2017. Acara dilanjutkan dengan Pemaparan Materi Umum mengenai KP. Cikabayan Atas (Cikatas) oleh Kak Haris Adelani Siregar AGH 50. Kak Haris menyampaikan informasi tentang komoditas perkebunan utama Indonesia seperti Karet, Teh, Cengkeh, Kopi, Kelapa, Kelapa Sawit, dan Kakao. “Sektor perkebunan Indonesia yang memiliki nilai ekspor paling tinggi yaitu Kelapa Sawit, kemudian Karet dan Kakao” pungkas Kak Haris. Pada Pukul 14.28 WIB dilanjutkan dengan Pemaparan Materi Komoditas. Beberapa komoditas yang dibawakan yaitu Kelapa Sawit, Kakao, dan Karet. Materi Kelapa Sawit disampaikan oleh Kak Haris Adelani Siregar AGH 50, materi Karet disampaikan oleh Kak Musfiar AGH 50, dan materi Kakao disampaikan oleh Kak Bagas Akmala Putra AGH 50.

1496104497708

Pemberian materi komoditas dibagi dalam 3 pos. Pos pertama yaitu Pos Kelapa Sawit, pos kedua yaitu Pos Karet, dan pos ketiga yaitu Pos Kakao. Pada Pos Kelapa Sawit, Kak Haris menyampaikan mengenai morfologi kelapa sawit, pemanfaatannya, dan teknik budidayanya. “Minyak kelapa sawit memberikan pemasukan negara yang cukup besar melalui ekspor” ujar Kak Haris. Selanjutnya pada Pos Karet, Kak Musfiar menyampaikan tentang tanaman karet secara umum, morfologi karet, dan teknik produksinya. “Indonesia memiliki kebun karet terbesar di dunia namun kita masih belum bisa memanfaatkan produksi karet secara maksimal” pungkas Kak Musfiar. Selanjutnya, di Pos Kakao, Kak Bagas menyampaikan tentang tanaman kakao secara umum, beberapa varietas kakao di dunia, serta teknik pengolahan pasca panen kakao. “Potensi produksi kakao di Indonesia seharusnya 2 ton per hektar per tahun, namun Indonesia baru memenuhi 1 ton per hektar per tahun” ujar Kak Bagas.

1496104599864 1496104622267 1496104626599

Acara dilanjutkan dengan Shalat Ashar bersama yang berlokasi di Lantai Jemur Kebun Percobaan Cikabayan Atas. Seluruh peserta dikondisikan untuk menjalani acara tersebut. Kemudian pada pukul 15.41 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan permainan antar kelompok. Permainan dibagi dalam 3 pos, yaitu “Mari Kita Kocor”, “Kirim Polen”, dan “Tugal Bumi”. Pada Pos “Mari Kita Kocor”, permainan dilakukan dengan estafet air (representatif dan pupuk kocor) menggunakan gelas yang sudah dilubangi. Masing-masing anggota kelompok memegang satu gelas. Air dituangkan ke gelas teman kelompoknya melewati atas kepala. Esensi dari permainan ini ialah kerjasama, kecepatan, dan saling percaya satu sama lain. Pemenang pada permainan ini pada putaran pertama yaitu kelompok 3, putaran kedua yaitu kelompok 14, dan putaran ketiga yaitu kelompok 7.

1496104412475

Selanjutnya pada Pos “Kirim Polen”, permainan dilakukan dengan mengibaratkan kejadian penyerbukan bunga yaitu mengirim polen ke putik. Polen diibaratkan sebagai bola pingpong dan bola pingpong tersebut ditiup oleh angin sebagai salah satu faktor penyerbukan. Peserta harus mengirim bola pimpong di gelas berisi air sampai ke gelas terakhir yang kosong. Bola pingpong harus melewati sebanyak 8 gelas. Esensi dari permainan ini yaitu kerjasama, koordinasi, dan kesabaran. Pemenang pada permainan ini pada putaran pertama yaitu kelompok 8, 7, dan 6, pada putaran kedua yaitu kelompok 5, 4, dan 1, dan pada putaran ketiga yaitu 15, 13, dan 14.

1496104759454

Pos selanjutnya yaitu Pos “Tugal Bumi. Permainan ini dilakukan dengan memasukkan cabai yang sudah diikat dengan tali ke dalam sebuah botol. Esensi dari permainan ini yaitu kerjasama, saling mengenal satu sama lain, kesabaran, dan koordinasi yang baik. Pemenang permainan ini pada putaran pertama yaitu kelompok 11, 12, dan 15. Pemenang pada putaran kedua yaitu kelompok 6, 9, dan 10. Pemenang pada putaran ketiga yaitu kelompok 1, 3, dan 5.

1496104326827

Setelah permainan antar kelompok selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan permainan antar angkatan 52 (panitia) dan 53 (peserta). Permainan dilakukan di Lantai Jemur Kebun Percobaan Cikabayan Atas. Masing-masing kelompok yang telah menang pada games antar kelompok mendapatkan sekantong air yang nantinya digunakan sebagai senjata. Tiap angkatan memperoleh 4 buah lilin yang harus dijaga agar tetap menyala. Permainan berlangsung sangat seru dan tak terlihat lagi batas antar angkatan. Semua peserta permainan baik dari angkatan 52 maupun angkatan 53 saling berbaur dan terlihat sangat ceria. Esensi dari permainan antar angkatan ini yaitu kebersamaan antar angkatan, dan kekompakkan antar angkatan. Acara berakhir pada pukul 16.58 WIB dan dilanjutkan dengan evaluasi dan mobilisasi ke asrama masing-masing oleh Komdis.

1496104453545

dikompilasi oleh FRA

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation