img_7814

Studi banding merupakan salah program kerja Eksternal Himagron yang bertujuan agar kinerja serta sistem kepengurusan dapat diperbaiki ataupun ditingkatkan kembali dengan bertukar ilmu organisasi pada himpunan mahasiswa lain di IPB. Kesempatan kali ini Eksternal Himagron mendapat kunjungan studi banding dengan BEM FEM. Studi banding telah dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Oktober 2016 pukul 18.30 – 21. 00 WIB yang bertempat di Ruang Kuliah Pinus 2. Persiapan studi banding dilakukan kurang lebih selama satu minggu, mulai dari susunan acara hingga keperluan ruangan serta konsumsi.

Susunan acara yang telah disepakati bersama dibacakan terlebih dahulu oleh MC, yaitu Candra dari BEM FEM dan Greta dari Himagron. Adapun susunan acaranya adalah pembukaan MC, tilawah oleh Zilan, menyayikan lagu Indonesia Raya  dan Dendang Agronomi oleh Devi serta menyanyikan Mars BEM FEM oleh Citra, sambutan dari BEM FEM yaitu Abdul Aziz, sambutan dari ketua Himagron yaitu Agam Fadhlur Rahman, presentasi proker BEM FEM 2015/2016 oleh Abdul Aziz, presentasi proker Himagron 2015/2016 oleh Agam, dilanjutkan dengan sharing tiap biro atau departemen, dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua belah pihak serta foto bersama. Setiap presentasi proker yang telah dipaparkan dibuka sesi tanya jawab dengan dua penanya. Sesi pertanyaan pertama dari pihak BEM FEM yang ditujuakan oleh Himagron dilakukan oleh Okta dan Zilan sedangkan sesi kedua pertanyaan dilakukan oleh pihak Himagron ke pada BEM FEM yang dilakukan oleh Agam dan Barto.

Tidak seperti Himagron yang memiliki tujuh departemen, diantaranya adalah Litbangtan, Eksternal, Internal, PSDM, Minat-Bakat Olahraga & Seni, Bisnis & Kemitraan, serta Kominfo. Litbangtan memiliki program kerja Himafarm, Desa Horti atau dapat disebut juga desa binaan, Klub Pecinta Tanaman, dan Agro Agency. Eksternal membawa program FKK Himagri, Agro Graduate Colaboration atau program untuk para wisudawan, serta studi keprofesian. Kemudian program kerja PSDM yaitu Open Recruitment Himagron, AgroSmart dengan kegiatan kelas PKM ataupun bedah lomba, pembinaan Himagron yang dikhususkan untuk angkatan PPKU, dan Agro Prestasi. Lalu departemen Internal memiliki program kerja Himashare atau donasi bagi yang membutuhkan, penguatan internal, Dies Natalis Himagron pada setiap tanggal 24 mei, dan bedah sekret sekaligus inventarisasi. Selanjutnya, departemen Bisnis & Kemitraan memiliki program kerja Agrohotplate atau kantin, kemitraan, Agro Book, dan Agropreneur yang bekerja sama dengan Himafarm. Mibaorsen memiliki program kerja Agrosportment yaitu persiapan dalam Seri-A serta training together. Departemen terakhir adalah Kominfo dengan program kerja information updater atau publikasi, open house, dan majalah satu tahun. Untuk mega proker, Himagron memiliki dua mega proker yaitu FBBN dan Temu Keluar Besar (TEGAR). BEM FEM memiliki delapan departemen dan dua biro. Diantaranya yaitu, Departemen Pengabdian Masyarakat, Kajian Strategis, Hubungan Eksternal, Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, Kominfo, Olahraga, PSDM, Budaya Seni dan Biro BEM Corporation serta Biro Manajemen Internal. Motto kerja dari BEM FEM itu sendiri yaitu TRIP (Tulus, Respect, Inisiatif, Profesional).

img_7781

Usai pemaparan Proker dari BEM FEM dan Himagron, dilanjutkan dengan sesi sharing. Sharing dilakukan dengan membagi antar biro-departemen sesuai dengan lingkup kerja masing-masing. Pembagian kelompok sharing tersebut diantaranya adalah BPH, BP HIMAGRON dengan BPH BEM FEM, Internal Himagron dengan MI dan Adkesmah BEM FEM, Litbangtan Himagron dengan Kastat dan Pengmas BEM FEM, Bismit Himagron dengan BEM Corp, PSDM Himagron dengan PSDM BEM FEM, Eksternal Himagron dengan Hubeks BEM FEM, Kominfo Himagron dengan Kominfo BEM FEM. Sesi sharing ini berlangsung selama 30 menit. Antusiasme dari kedua pihak sangat baik sehingga sesi sharing sangat dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi mengenai kinerja, proker, dan sistem kepengurusan tiap himpunan. Sharing antar biro ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dan keakraban antar pengurus. Setelah rangkaian kegiatan berlangsung, ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua himpunan yang diwakili dengan pihak himpunan masing-masing yaitu Abdul Aziz dan Agam serta foto bersama. Semoga dengan adanya studi banding ini, Himagron dan BEM FEM dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya serta terjalin relasi yang baik dikemudian hari.

img_7800

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation