IMG_9596

(26/04/2016) Departemen AGH dan Himagron IPB mendapatkan kunjungan dari Jurusan Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB). Kegiatan ini merupakan kunjungan sekaligus studi banding terkait kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan di Departemen AGH dan Himagron IPB. Terdapat 60 mahasiswa dan 3 dosen UBB yang mengikuti acara ini. Acara pertama berupa kegiatan kunjungan ke Departemen AGH dibuka oleh Isyfi sebagai MC (AGH 50) yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Departemen Agronomi dan Hortikultura oleh salah satu staf pengajar. Staf pengajar tersebut merupakan komisi kemahasiswaan AGH yaitu bapak Hafith Furqoni. IMG_9650Acara berikutnya adalah kunjungan ke laboratorium pengujian dan laboratorium pasca panen. Pada sesi kunjungan tersebut mahasiswa UBB dibagi menjadi 2 kelompok untuk mengoptimalkan proses pengenalan lokasi. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kebun Percobaan Cikabayan yang dipandu oleh Bayu Pramahdiyan (AGH 49). Pada sesi itu pemandu memberikan penjelasan mengenai komoditas kelapa sawit dan karet yang terdapat pada Kebun Percobaan Cikabayan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kunjungan di Kebun Percobaan Leuwikopo. Kegiatan kunjungan di kebun Percobaan Lewikopo antara lain penjelasan mengenai kegiatan di Seed Center dan berkeliling lahan penelitian dan praktikum. Kunjungan kemudian diakhiri dengan melihat koleksi Anggrek di Angle House. Antusias dari mahasiswa sangat tinggi pada sesi ini. Kunjungan ini berakhir pada 17.00 WIB, satu jam lebih lama dari waktu yang telah dijadwalkan.

IMG_9699 Acara dilanjutkan kembali dengan malam keakraban antara Mahasiswa UBB dan Himagron yang dilaksanakan di Wisma Amarilis pukul 19.30 WIB. Acara dibuka dengan sambutan dan pemaparan tentang Himpro masing-masing oleh Eeza selaku ketua Himagro (UBB) dan Agam selaku ketua Himagron (IPB).

IMG_9764  IMG_9750

Setelah itu dilanjut dengan diskusi kelompok kecil. Forum dibagi menjadi 3 kelompok untuk membahas lebih dalam tentang kegiatan perkuliahan, praktikum, kemahasiswaan dan personal masing-masing tiap anggota forum. Acara berakhir pukul 22.30 WIB dengan simbolis penyerahan kenang-kenangan oleh pihak UBB. Semoga dengan adanya kegiatan kunjungan dan studi banding ini kita dapat sama-sama memajukan Pertanian Indonesia.     IMG_9813

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation