IMG20160227081633

Minggu 27 Februari 2016, Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura (Himagron) mengadakan kegiatan Upgrading. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah softskill dan hardskill pengurus Himagron serta meningkatkan kemampuan manajemen dan profesionalitas dalam sebuah organisasi. Upgrading kali ini dihadiri oleh 34 pengurus Himagron. Kegiatan yang awalnya direncanakan mulai pukul 05.30 WIB terpaksa mundur karena masih menunggu beberapa pengurus yang belum hadir di ATM Center.

IMG20160227070531

Tepat pukul 06.30 WIB kegiatan dimulai oleh MC yaitu Gandhi (AGH 51) dan Okky (AGH 51) yang dilanjutkan dengan sarapan bersama. Di akhir sarapan, disisipkan acara sharing tentang pengalaman organisasi dengan narasumber M Shalahuddin (AGH 48). Sharing tersebut membahas beberapa poin penting dalam sebuah organisasi yaitu kepemimpinan, manajemen, dan profesionalisme. Kak Udin menyampaikan bahwa rasa kepemimpinan muncul dari orang lain maupun dalam diri sendiri. Rasa kepemimpinan tersebut berbanding lurus dengan kerjasama tim. Kerjasama tim didapat dengan mengesampingkan ego dan berempati kepada orang lain. Seorang pemimpin hendaknya bisa mengatur waktunya, sehingga sebelum melakukan tidakan pemimpin harus berfikir terlebih dahulu dan berfikir ke depan.

1456647832282

            Kegiatan dilanjutkan dengan acara outbond di sekitar kebun percobaan Cikabayan. Outbound dipimpin oleh Kak Teguh yang merupakan salah satu anggota dari Resimen Mahasiswa (Menwa). Permainan dibagi dalam 3 pos. Pos yang pertama adalah spider net. Permainan kali ini semua pemain diwajibkan masuk ke dalam lubang tali yang memiliki ukuran berbeda-beda. Ukuran lubang yang sempit menyusahkan pemain untuk melewatinya, perlu kerjasama tim yang baik agar semua pemain dapat melewati lubang tersebut. Pos yang kedua yaitu haling rintang. Permainan kali ini terdapat beberapa jalur yang disediakan dalam posisi rendah, sehingga pemain harus melewatinya dengan cara merayap. Di ujung jalur, semua pemain diwajibkan untuk memeragakan kalimat sedangkan teman yang diujungnya menjawab. Kunci dari permainan ini adalah komunikasi yang baik antar pemain. Di pos yang terakhir, semua peserta harus melewati kubangan lumpur dan mencari sebuah botol yang didalamnya terdapat tulisan visi dan misi Himagron. Para pemain harus rela melewati lumpur agar bisa mendapatkan visi dan misi tersebut.

            Setelah outbond, semua pengurus berkumpul di lapangan C4 untuk mendapatkan  nasehat dari salah satu anggota Menwa. Dalam nasehatnya, Menwa menyampaikan bahwa jangan melihat seseorang yang berbicara didepan karena umur maupun status sosialnya, namun lihatlah orang yang berbicara didepan karena isi yang dikatakannya. Selain itu, kita harus mempunyai rasa percaya satu sama lain, membangun kerjasama yang baik, dan tidak saling mengecewakan satu sama lain sehingga organisasi yang dijalani dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah kepada kelompok yang telah menang dalam permainan yang sebelumnya. Kegiatan Upgrading pun telah berakhir, diharapkan kegiatan upgrading ini berjalan sesuai dengan tujuan awal dan semua pengurus Himagron tetap bersatu dalam mencarap visi misi yang telah dibuat.

IMG20160227140248_1

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation