IMG_0982

Dramaga-Bogor (26/5), Penyambutan sepuluh tim finalis dari berbagai perguruan tinggi yang telah tiba di kampus Institut Pertanian Bogor. Ke sepuluh tim tersebut adalah 4 diantaranya dari Institut Pertanian Bogor (IPB), 2 diantaranya dari Universitas Negri Yogyakarta (UNY), Universitas Udayana (Unud), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Jember dan Universitas Padjajaran (Unpad). Saat malam hari panitia mengumpulkan seluruh finalis untuk memberitahukan dan menyepakati aturan teknis presentasi. Selain itu, telah ditetapkan urutan presentasi dengan sistem acak. Setelah itu, finalis diperbolehkan untuk istirahat.

IMG_0990

Jumat (27/5), kegiatan dimulai pukul 08.05 WIB di ruang Seminar AGH. Acara dibuka oleh MC dan disahkan dengan sambutan Dr. Ir. Sugiyanta, M.Si. selaku Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura. Sebelum memulai presentasi, MC menjelaskan lagi mengenai teknis presentasi, membacakan urutan presentasi dan membacakan kriteria penilaian. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi oleh para finalis, masing-masing tim mendapat waktu selama 20 menit dengan rincian 3 menit waktu persiapan, 10 menit waktu presentasi dan 7 menit waktu tanya jawab. Presentasi oleh para finalis tersebut dinilai oleh 3 juri yaitu, Candra Budiman, S.P, M.Si; Anggi Nindita, S.P, M.Si; dan Dr. Ir. Ketty Suketi, M.Si. Ketiga juri tersebut merupakan staff pengajar Departemen Agronomi dan Hortikultura. Kegiatan presentasi berakhir pada pukul 11.55 WIB. Panitia melakukan mobilisasi menuju Al-Huriyah untuk menjalankan ibadah sholat Jumat bagi putra dan mushola AGH bagi putri. Setelah itu, peserta kembali ke Ruang Seminar untuk mendapatkan makan siang. Acara dibuka kembali pada pukul 13.30 WIB dengan kegiatan workshop yang diisi oleh Pak Hamzah dari East West dengan tema Urban Farming. Workshop berakhir pada pukul 14.05 WIB dan para finalis mendapatkan waktu bebas untuk berjalan-jalan.

Sabtu (28/5), acara puncak dari Youth Camp of Agriculture (YCA) yaitu Seminar Nasional yang berlangsung di Graha Widya Wisuda (GWW) IPB. Acara tersebut diikuti oleh tamu undangan, para finalis LKTI, Mahasiswa IPB, hingga mahasiswa non IPB. Registrasi dibuka pada pukul 07.00-08.00 WIB. Selanjutnya diputarkan video GAPKI dan Agriphoria. Tamu undangan yang datang disambut dengan tarian yang dibawakan oleh Gentra Kaheman. Berlangsungnya acara seminar dipandu oleh dua pembawa acara yaitu Delima (AGH 50) dan Herdi (AGH 50). Acara diawali dengan tilawah yang dibacakan oleh Muliadin (AGH 51), dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Ghassan Kamil M (AGH 51), penyanyian lagu Indonesia Raya, sambutan ketua Himagron yaitu Agam Fadhlur R (AGH 51). Sambutan dan pembukaan acara secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Dr. Ir. Suwardi, M.Agr selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Fakultas Pertanian.

Kegiatan selanjutnya adalah talkshow dengan tema Sustainable Palm Oil in Perspective of Academics, Government, and Business yang dipandu oleh moderator yaitu Dicky Hasian Zulkarnain (Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian 2016). Terdapat 3 (tiga) pembicara pada talkshow tersebut, yaitu Dr. Ir. Sudrajat, M.Si (Staf Pengajar Dept. AGH), Ir. Herman Khaeron, M.Si (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI), dan Joko Supriyono (Ketua Umum GAPKI). Setelah dilakukan pemaparan materi oleh masing-masing pembicara, dibuka sesi tanya jawab untuk 3 orang penanya. Setelah talkshow selesai, pengumuman juara lomba Essay yaitu Juara Harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Badegan diketuai Eka Anis Rahayuningsih, Juara Harapan 1 diraih oleh SMAN 3 Denpasar diketuai Ni Kadek Ayu Indahyani, Juara 3 diraih oleh SMAN 1 Blitar diketuai Anisa Nadia Rizki R, Juara 2 diraih oleh SMAN 1 Pangkalpinang diketuai Yusroni, dan Juara 1 diraih oleh SMAN 3 Denpasar diketuai Ni Made Wesi Sinta Wirdhi Warmini. Pengumuman juara Fotografi yaitu Juara 3 diraih oleh Banu Lesmana Bagaskara, Juara 2 diraih oleh Satria Julier Manpaki, dan Juara 1 diraih oleh Sally Audina. Pengumuman lomba Poster yaitu Juara 3 diraih oleh Ainun Septi, Juara 2 diraih oleh Sylvester Dekha S., dan Juara 1 diraih oleh Nanda Lailatussuraya Marta. Pengumuman Film Pendek terbaik yaitu SMA Bhakti Insani diketuai Nurmaini Romaito Siregar. Hiburan oleh band akustik yaitu Bibitela. Acara ditutup dengan Pengumuman lomba LKTI yaitu Juara Harapan 2 diraih oleh UNY diketuai Herianto, Juara Harapan 1 diraih oleh UB diketuai Anis Marzuki, Juara 3 diraih oleh IPB diketuai Satria Julier Manpaki, Juara 2 diraih oleh UNY diketuai Rifaldy Fajar, dan Juara 1 diraih oleh IPB diketuai M.Iskandar. Acara berakhir pukul 12.25 WIB dengan pemutaran Juara Film Pendek Terbaik dengan Judul ”Badak (Bukan Abak Durhaka)”. Selamat kepada para pemenag.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation