Dramaga, Bogor – salah satu rangkaian acara dari 2nd YCA (Youth Camp of Agriculture) yaitu Student Camp telah dilaksanakan dengan lancar selama dua hari. Kegiatan Student Camp meliputi try out SBMPTN dan camping. Try out SBMPTN diikuti oleh 49 peserta sedangkan Camping diikuti oleh 12 peserta yang merupakan siswa SMA kelas 3.

DSCN9948

Peserta Try Out SBMPTN

Hari pertama (14/5/2016), acara dimulai dengan registrasi peserta yang bertempat di lapangan Andi Hakim Nasution pada pukul 07.00-08.00 WIB. Peserta dimobilisasi menuju ruang kelas B1 Fakultas Peternakan untuk mengikuti pembukaan acara. Acara resmi dibuka dengan pemakaian kaos YCA secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Dr. Ir. Sugiyanta, M.Si selaku ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB. Acara dilanjutkan dengan try out SBMPTN yang berakhir pada pukul 11.00 WIB. Setelah itu, peserta mengikuti Agriclass dengan pemateri Dr. Willy Bayuardi Suwarno, SP, M.Si (Dosen AGH) dan Kak Rizky dari Youth Manual. Agriclass bertujuan memperkenalkan dan menjelaskan mengenai pertanian ke peserta. Setelah istirahat, peserta mengikuti workshop pembuatan herbarium yang dipandu oleh Bayu Pramahdiyan (AGH 49) dan dilanjutkan dengan Campus Tour.

DSCN0082

Kegiatan Motivasi Malam di Student Camp

Saat campus tour, peserta diajak mengelilingi IPB menggunakan sepeda dan mereka tampak antusias sekali. Jam menunjukan pukul 16.52 WIB, peserta dimobilisasi menuju ke tempat camping yaitu di lapangan C4 untuk membersihkan diri, shalat, dan istirahat. Pukul 20.00 WIB acara dimulai kembali dengan kegiatan motivasi malam dan api unggun. Peserta dikenalkan seputar kegiatan-kegiatan mahasiswa baik dalam kampus maupun luar kampus. Kemudian peserta dan panitia beristirahat pada pukul 22.00 WIB.

DSCN0467

Foto bersama Peserta Student Camp dengan Panitia

Hari kedua (15/5/2016), kegiatan dibuka kembali dengan senam pagi bersama, kemudian peserta diberi waktu untuk istirahat dan membersihkan diri. Peserta dimobilisasi ke Kebun Percobaan Leuwikopo untuk mengikuti workshop dengan Klub Pecinta Tanaman yang dipandu oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Litbangtan) Himagron dan Pak Edi. Peserta diajarkan cara split anggrek dan cangkok pepaya. Kegiatan dilanjutkan dengan fieldtrip ke kandang Fakultas Peternakan. Peserta diperkenalkan dengan hewan-hewan yang ada di kandang tersebut.Setelah itu peserta kembali ke lapangan C4 pada pukul 11.00 wib. Acara ditutup dengan pelepasan balon harapan dan foto bersama.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation