HIMAGRON MENGABDI BUKTI MAHASISWA PEDULI LINGKUNGAN SEKITAR

Minggu (14/4/18) Perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian dari 4 himpunan keprofesian melakukan kegiatan bina desa atau turun desa ke daerah sukaluyu, Bogor. Kegiatan turun desa merupakan salah satu program kerja BEM Faperta yang bekerjasama dengan 4 Himpunan keprofesian di Fakultas Pertanian. Kegiatan kali ini dibawahi langsung oleh Himagron, dengan program acaranya yang dinamai dengan Himagron Mengabdi.

2aa

Himagron Mengabdi merupakan kegiatan yang bertujuan mengenalkan beberapa komoditi hortikultura kepada masyarakat luas, khususnya di daerah Sukaluyu. Komodiiti yang diperkenalkan meliputi komoditi kangkung, bayam, caisim, serta cabai. Pengenalan komoditi ini, sekaligus dengan pelaksanaan praktik menanam komoditi yang bersangkutan dan teknik menyemai benih cabai dalam tray.

Kegiatan dimulai dengan kunjungan oleh perwakilan Himagron beserta BEM Faperta menuju kediaman Ketua RW, yang kaitannya dengan izin dimulainya acara. Acara di mulai sekitar pukul 08.00, dengan dibuka secara seremonial oleh pihak BEM Faperta. Setelah seremonial, acara dilanjutkan dengan praktik langsung penanaman, yang merupakan acara inti Himagron Mengabdi. Kegiatan Himagron Mengabdi ini dilakukan pada 3 RT, yaitu  RT 01, RT 02, dan RT 03. Pembagian komoditi tiap RT berbeda, antara lain RT 01 untuk komoditi kangkung dan cabai, RT 02 untuk komoditi bayam dan cabai, RT 03 untuk komoditi caisim dan cabai.

ad

Acara berjalan cukup lancar, terlihat dari adanya respon dan antusias yang cukup positif dari peserta Himagron Mengabdi, baik itu dari warga desa maupun dari pihak mahasiswa yang hadir. Himagron Mengabdi ini, secara umum tidak hanya ingin mengenalkan komoditi serta teknik menanamnya, namun bertujuan pula sebagai ajang belajar bagi mahasiswa untuk bersosialisasi dan mengabdi kepada masyarakat sehingga mampu mencapai salah satu tujuan Tri Dharma perguruan tingi yang salah satunya merupakan pengabdian kepada masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.